Jumat, 21 Oktober 2011

Seminar PPM: Penguatan Usaha dan Perluasan Pemasaran Peyek Imogiri

Mitra PPM kali ini kelompok produsen peyek Tritunggal di Imogiri, tepatnya di desa Sriharjo Imogiri Bantul yang terdiri dari 20 produsen peyek. Permasalahan mitra, performa produk dari sisi pengemasan belum maksimal sehingga umur produk pendek. Sistem manajemen usaha masih perlu perbaikan, dan perluasan jangkauan pemasaran belum berkembang karena belum mampu memenuhi permintaan pasar.
Dari permasalahan di atas, Rizkie Auliana, Fitri Rahmawati, dan Mutiara Nugraheni, dosen pengabdi dari FT UNY mencoba memberikan solusi kepada kelompok pengrajin dengan pelatihan yang dibutuhkan. Pertama, untuk penguatan usaha. Pelatihan CPPB: alat sentrifuge, pelatihan pengemasan, pelatihan penghitungan kadaluarsa dan kandungan gizi, pelatihan perijinan Depkes: P-IRT dan Halal MUI, dibuat satu percontohan kelompok tritunggal.
Kedua, untuk perbaikan sistem manajemen usaha. Penataan sistem pembukuan keuangan untuk kesehatan organisasi. Sistem pengelolaan peralatan untuk meningkatkan produktivitas. Peningkatan sistem kerja produksi yang lebih efisien dan peningkatan kinerja SDM untuk efektivitas. Sistem pengelolaan bahan baku untuk mencapai hasil yang lebih. Dihasilkan 4 buku: kas, bahan, alat dan presensi karyawan.
Ketiga, strategi perluasan jangkauan pasar. Pemetaan pasar dan perluasan jangkauan pasar. Strategi segmentasi pasar. Demikian Rizqie Auliana, dkk. dalam presentasi Seminar Akhir di LPM UNY, akhir Oktober 2010. 
(Pra) 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar